Selasa, 25 Desember 2012

Power Point .ppt



Materi Power Point
 

PENDAHULUAN

Microsoft PowerPoint adalah suatu software yang mempermudah dalam pembuatan subuah presentasi yang efektif, professional, membantu sebuah gagasan menjadi lebih menarik dan jelas tujuannya serta mempermudah dalam pembuatan slide, outline presentasi, sehingga menampilkan slide yang dinamis.


 Uraian Materi

1.    Formatting
a)    Slide Layout
Fasilitas pemilihan slide layout terdapat pada menubar home kemudian layout pada tab slide.
b)    Design Slide
Fasilitas pemilihan design slide bisa dipilih pada tab themes yang terdapat pada menubar design.
c)    Slide Transition
Fasilitas pemilihan slide layout terdapat pada menubar home kemudian layout pada tab slide.
d)    Custom Animasi
Fasilitas ini digunakan untuk memberikan animasi text maupun gambar pada slide presentasi yang dibuat. Custom animasi terdapat di menubar animation kemudian pilih custom animation.

2.    Struktur Organisasi, Tabel, dan Grafik
Dalam Power point terdapat fasilitas pembuatan struktur organisasi, tabel, dan grafik. Untuk membuat ketiganya hanya dengan memilih slide layout tittle and content. Dalam slide layout tittle and content terdapat 6 pilihan, 3 diantaranya adalah untuk membuat struktur organisasi, tabel, dan grafik.





3.    Hyperlink
Hyperlink digunakan untuk menghubungkan dari halaman satu ke halaman yang lain. Hyperlink juga bisa menghubungkan antara power point dengan aplikasi lain. Untuk mengaktifkan hyperlink dengan memblok satu kata atau lebih. Pilih menubar insert kemudian klik hyperlink.

4.    Halaman Web Presentasi
Salah satu fasilitas yang disediakan oleh power point. Fasilitas ini adalah file presentasi yang disimpan dengan type web page (halaman web) ekstensi .html sehingga bisa dibuka pada browser. Untuk membuat file web presentasi hanya dengan menyimpan file presentasi yang telah dibuat dengan ekstensi .html.

5.    Perpaduan Ms. Word dengan Ms. Power Point
a)    Insert Object
Langkah perpaduan dengan insert object yaitu dengan klik menubar insert kemudian pilih object.
b)    Paste special
Langkah perpaduan dengan menggunakan paste special yaitu, pertama copy sebuah paragraph dari file Ms Word kemudian pada Ms power point, klik menubar home kemudian pilih paste secial.
c)    Paste as hyperlink
Langkah perpaduan dengan menggunakan paste as hyperlink yaitu, copy text dari file Ms Word kemudian pada Ms Power Point, klik menubar home dan pilih paste as hyperlink.


Soal Latihan power point :
Buatlah file presentasi minimal 10 Slide dan ditambahkan beberapa fasilitas yang disediakan Ms Power Point, diantaranya :
a)    Terdapat tabel dan grafik
b)    Terdapat struktur organisasi
c)    Efek animasi sesuai yang diinginkan
d)    Terdapat hyperlink
e)    Disimpan kedalam file .ppt dan .html
Terdapat perpaduan antara Ms Word dan Power point.

0 komentar:

Posting Komentar