Rabu, 27 Maret 2013

Apa Itu Hosting dan Domain?



Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.
Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.
Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.


Hosting Indonesia – Pengertian Hosting Indonesia.

Yang Eros tahu Hosting Indonesia adalah hosting yang servernya terletak di Indonesia. Server ini terhubung langsung ke Indonesia Internet Exchange atau yang kita kenal dengan IIX atau server IIX. Sehingga akses pengunjung website jadi lebih aman dan nyaman.
Bagi sobat yang akan membangun website/toko online untuk pasar lokal, Eros sarankan untuk menggunakan Hosting Indonesia ini. Letak server yang berada di area yang sama ini membuat website lebih cepat di akses, daripada meletakkan website pada server USA, Singapore atao lainnya.

Jenis-jenis hosting

Selain kita mengetahui apa itu hosting, kita juga perlu tahu jenis-jenis hosting yang ada di dunia. Berikut ini jenis-jenis domain yang Eros tahu, jika ada yang ingin menambah silahkan di kotak komentar yaa, nanti tak tambahin ke post :
  1. Jenis hosting berdasarkan biaya :
    • Free hosting adalah hosting yang disediakan secara gratis
    • Trial hosting adalah hosting yang diberikan kepada calon pelanggan untuk ujicoba kehandalan dan fasilitas hosting. Biasanya trial hosting diberikan 30-60 hari saja.
    • Paid Hosting adalah hosting yang mengharuskan membayar biaya sewa. Hosting jenis ini paling banyak digunakan. Tidak lain karena pelayanan dan kualitasnya tentu tidak asal-asalan.
  2. Jenis hosting berdasarkan user/client :
    • Shared hosting yaitu hosting/server yang digunakan secara bersama-sama (berbagi) oleh banyak pelanggan. Hosting jenis ini paling banyak dipilih karena harganya jauh lebih murah.
    • Virtual Privat Server (VPS) atau dedicated rerver adalah server hosting yang digunakan secara pribadi (privat). Pelanggan VPS mempunyai akses penuh terhadap VPS tidak seperti Shared yang terbatas pada level user. Kapasitas hosting, prosesor, bandwith dan memory pun dipakai secara pribadi.

Domain
Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.
Jadi domain adalah identitas anda di Internet
Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer di internet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 203.30.236.154. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang.

Pembagian domain berdasarkan levelnya

Setelah mengetahui secara umum tentang pengertian domain, kita kenalan lebih dalam yuk pada pembagian domain. Domain dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
  1. Top level domain (TLD) adalah extensi dari sebuah domain. Merupakan level tertinggi dalam penamaan domain.
  2. Second level domain adalah nama domain itu sendiri. Second level inilah yang merupakan domain pilihan kita kawan. Top level dan Second level ini merupakan level wajib yang harus digunakan agar sebuah domain bisa bersiri.
  3. Sedangkan Lower level domain adalah level domain tingkat rendah. Keberadaan lower level ini tidak begitu penting. Karena tanpa lower level ini, domain tetap bisa berdiri. Lower lever ini dipakai untuk subdomain pertama, subdomain kedua, ketiga dan seterusnya.
Contoh : blog.ingateros.com terbagi menjadi 3 level yaitu
blog merupakan low level
ingateros adalah second level
com adalah top level

Jenis domain berdasarkan penggunaannya

Berikut ini adalah jenis-jenis domain berdasarkan penggunaannya yang Eros tahu. Yang mau menambah silahkan dikotak komentar yaa. Mungkin banyak rekan blogger yang sudah paham, tapi tentu saja ada yang belum tahu. Agar lebih mudah, saya kasih contonya yaa:
  1. Main using domain. Domain ini adalah domain utama yang digunakan oleh sebuah website. Contoh : www.komputekonline.net, www.jagoanhosting.com dan sebagainya.
  2. Redirect Domain. Domain ini hanya digunakan untuk redirect ke domain lain. Alasan menggunakan domain ini pun beragam. Yaitu untuk mempersingkat domain utama.Contoh www.PriaJantan.com yang akan di direct ke domainwww.CaraMemperbesar.org
  3. Parked Domain adalah domain yang diparkir alias tidak digunakan. Alasan memparkir domain pun beragam. Karena banyaknya domain yang dimiliki si empu website, atau memang sengaja bisnis parkir domain. Contoh www.zaujah.com, ini adalah domain yang di parkir di Sedo.com

Jenis-jenis domain berdasarkan TLD

Berikut jenis-jenis domain berdasarkan Top Level Domainnya. Alias pembagian nama domain berdasarkan ekstensi domain tersebut :
  1. Global Top Level Domain (gTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi global/TLD internasional. Ada banyak jumlah GTLD yang bisa digunakan untuk website, diantaranya :
    • .COM (Commercial) untuk perusahaan komersil. Contoh www.JagoanHosting.com
    • .NET (Network) untuk perusahaan jaringan/networking. Contoh www.D-Net.net
    • .ORG (organization) diperuntukkan bagi badan organisasi. Contoh www.Wikipedia.org
    • .TV (television) khusus untuk perusahaan penyiaran televisi. Contoh : www.an.tv
    • .GOV (government) untuk lembaga pemerintahan. Contoh : www.usa.gov
    • dan masih banyak yang lain seperti .cc, .in, .co, .im dan sebagainya.
  2. Country Code Top Level Domain (ccTLD) adalah domain yang menggunakan ekstensi sesuai dengan negara/wilayah masing-masing. Untuk bisa menggunakan domain ini harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan pada masing-masing negara.
    • .ID (Indonesia) ekstensi domain untuk Indonesia
    • .AU (Australia) ekstensi domain untuk Australia
    • .MY (Malaysia) ekstensi domain untuk Malaysia
    • .UK (United Kingdom) ekstensi domain untuk Inggris
    • .SG (Singapore) untuk negara Singapura
    • dan masih banyak yang lain tergantung negara masing-masing.

Domain Indonesia – Pengertian Domain Indonesia

Domain Indonesia (.id) dari istilahnya sudah cukup jelas bukan? Yaitu domain yang menggunakan ekstensi khusus untuk web-web Indonesia. Karena menyangkut negara, maka penggunaannya pun diatur sesuai peraturan yang berlaku.
  1. Jenis-jenis domain indonesia
    • .CO.ID = untuk perusahaan komesial
    • .WEB.ID = untuk individu/kelompok
    • .SCH.ID = untuk sekolahan
    • .AC.ID = untuk perguruan tinggi
    • .OR.ID = untuk organisasi
    • .GO.ID = untuk bedan pemerintahan
    • .NET.ID = untuk perusahaan jaringan
  2. Persyaratan register domain Indonesia
    • .CO.ID = KTP*, akta niotaris/SIUP dan hak merk
    • .WEB.ID = KTP*
    • .SCH.ID = KTP*, surat kuasa, surat permohonan dari kepala sekolah
    • .AC.ID = KTP*, SK Depdiknas Pendirian, Akta Notaris Pendirian, Surat Kuasa Pimpinan Lembaga
    • .OR.ID = KTP*, Akta Notaris atau SK Organisasi
    • .NET.ID = KTP*, SIUP, Kepemilikan Merk, SIUP Telekomunikasi (ISP, Telco, VSAT, dsb)
    • .GO.ID = KTP*, Surat permohonan di tanda tangani oleh Sekjen/Sekut/Sekmen untuk Pemerintah Pusat atau Sekda untuk Pemda, dan Surat kuasa
* = KTP (Kartu Tanda Penduduk) penanggungjawabwebsite/admin

Istilah-istilah domain lainnya yang perlu kita tahu

  • Addon domain : domain kedua, ketiga, dst yang ditambahkan dalam akun hosting.
  • Domain shorter : penyingkat domain yang terlalu panjang. Fungsinya untukmemperpendek link atau URL domain. Contoh www.Goo.gl, www.de.tk
Sumber:http://gmedia.net.id
            http://www.ingateros.com

0 komentar:

Posting Komentar