Rabu, 27 Maret 2013

Layanan email untuk domain sendiri (email hosting)


Layanan email untuk domain Anda

Electronic Mail atau yang sering kita dengar dengan singkatan email, adalah salah satu jenis layanan Internet yang memfasilitasi user untuk saling mengirimkan pesan berbasis text, gambar, file dan lain sebagainya. Email layaknya adalah seorang tukang pos pada dunia nyata yang menyampaikan suatu surat dari seseorang kepada seseorang yang lain.
Pada sistem email, dikenal adanya pengalamatan, dimana satu email account akan diberikan nama sesuai dengan dimana account tersebut berada. Misal: cs@hostune.com; 'cs' merupakan identitas dari email account; disambung dengan '@' sebagai penghubung yang menerangkan tempat; dan terakhir hostune.com yang merupakan domain induk yang menampung nama dan file-file email account tersebut. Dewasa ini, banyak perusahaan, organisasi dan lainnya menggunakan layanan ini sebagai metode berkirim pesan dengan tujuan efisiensi waktu untuk berkomunikasi, efisiensi kerja dan lain sebagainya.
Untuk dapat memiliki email dengan domain Anda sendiri, Anda harus memiliki satu server yang terhubung ke jaringan komputer secara luas untuk dapat melayani setiap permintaan layanan jaringan ini. Namun tentu saja ini membutuhkan cost yang sangat besar untuk pengadaan server dan jaringan komputer yang powerfull. Alternatif lain yang bisa diambil adalah mendaftar pada suatu Hosting Provider tertentu (Misal: Hostune Network) yang menyediakan jasa/layanan untuk Email Hosting.
Setelah mendapatkan Hosting yang menangani layanan email, Anda dapat melakukan manajemen terhadap semua email Account yang berada di bawah domain Anda. Berikut ditampilkan beberapa metode dalam melakukan manajemen email menggunakan layanan Hostune Network sebagai Hosting Provider.
1.  Manajemen Account
Langkah awal yang harus dilakukan ketika Anda sudah memiliki email Hosting adalah manajemen Email Account. Manajemen ini menentukan siapa saja yang dapat mengakses email hosting Anda, kemanan account dengan dilindungi password, seberapa besar penyimpanan hosting untuk client, dan masih banyak lagi.
  • Membuat Email Account
Setelah berhasil masuk ke cPanel Hosting, Anda dapat mengakses manajemen Email Accounts dengan menggunakan menu Email Account yang berada dibawah kategori Email. Akan tampil form untuk membuat Email Account baru. Lengkapi form, lalu click Create Account untuk selesai. Hal yang patut diperhatikan disini adalah quota, yaitu seberapa besar ruang penyimpanan yang akan dialokasikan untuk account tersebut, misal 10MB: maka account tersebut hanya dapat menyimpan file, text, dll hanya sebesar 10MB. Hal yang menjadi pertimbangan dalam menentukan quota Account adalah berapa banyak Account yang akan Anda buat dan berapa besar pertambahan data account tersebut.
    ;
  • Mengganti Password Account
Password merupakan hal yang sangat penting, jangan memberikan password Anda atau email account Anda kepada orang lain, kecuali orang tersebut adalah orang yang sangat Anda percaya. Sebagai Administrator hosting, Anda dapat leluasa mengganti password untuk email account yang berada di bawah domain Anda. Dari tampilan account list click tombol Change Password untuk account, lalu click Change Password untuk selesai.
  • Menghapus Account
Menghapus account berarti menghapus semua data email yang berada di bawah account tersebut. Gunakanlah fitur ini dengan bijak.
  • Email Forwarding
Fitur ini adalah fitur yang memungkinkan untuk meneruskan (forward) suatu email yang ditujukan untuk account Anda ke Account Anda yang lain. Misal: semua email ts@hostune.com diteruskan ke cs@hostune.com. Tentu saja ini dapat dimanfaatkan untuk menghemat space hosting yang ada. Untuk melakukan konfigurasi Email forwarding click Menu Forwarders di bawah kategori Emails. Lalu click button Add Forwarder untuk melanjutkan. Akan tampil form tambah forwarder, lengkapi form lalu click Add Forwarder untuk selesai.
      
 
2.  Mengakses Webmail
Untuk dapat mengakses webmail, dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan Form Webmail/cPanel pada website Hostune Network (http://www.hostune.com). Cara selanjutnya adalah mengakses langsung webmail pada domain anda dengan alamat http://www.domain-anda.com/webmail.
      
Setelah berhasil login ke account Anda dengan email dan password, Anda akan dihadapkan dengan 3 pilihan email viewer, yaitu Horde, Round Cube dan Squirrelmail. Pada dasarnya fitur yang disediakan oleh email viewer ini sama saja. Perbedaan yang paling besar adalah pada sisi tampilan. Silakan pilih email viewer Anda.
        
3.  Menggunakan Mozilla Thunderbird sebagai Email Client
Email client merupakan sebuah aplikasi/software yang ditujukan untuk dapat menarik data email dari Email Server. Sehingga pengguna dapat membaca email, melihat attachement dan lain sebagainya walaupun tidak terkoneksi ke jaringan internet (offline). Sudah banyak macam dan ragam email client ini, baik yang bersifat Free ataupun berbayar. Contoh aplikasi ini adalah Ms. Outlook, Mozilla Thunderbird, IBM Lotus Notes dan lain sebagainya. Bahkan dewasa ini aplikasi ini sudah menjadi main software untuk berbagai operating system untuk smartphone. Berikut dijelaskan bagaimana konfigurasi email client menggunakan Mozilla Thunderbird.
Langkah berikut dilakukan dengan asumsi mozilla thunderbird sudah terinstall pada PC/Laptop. Buka Mozilla Thunderbird, lalu click Create New Account untuk menambahkan account baru pada Thunderbird. Akan muncul form untuk konfigurasi email account, lengkapi form tersebut lalu click Next untuk melanjutkan. Pada konfigurasi selanjutnya, Anda akan dihadapkan dengan dua protokol email yang paling sering digunakan, yaitu IMAP dan POP3. IMAP merupakan protokol yang melakukan penarikan data email melalui Remote Folder, dengan kata lain data tidak benar-benar disimpan pada komputer. Sedangkan POP3 adalah protokol yang melakukan download semua data email ke komputer Anda sehingga Anda dapat membaca dan melihat attachement walaupun tidak terhubung ke internet. Pada kasus kali ini, digunakan POP3 untuk protokol email, lalu click Done untuk selesai.
      
   

Sumber : http://www.hostune.com/blogs/layanan-email-untuk-domain-anda

1 komentar:

Ace Maxs mengatakan...

Terimakasih tutorialnya mas, bermanfaat sekali..

http://obattraditional.com/obat-tradisional-kanker-paru-paru/

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini