Rabu, 27 Maret 2013

Pengertian / Definisi Conten Manajemen Sistem (CMS)




CMS adalah software yang digunakan untuk membuat, mengubah dan mempublikasikan content ke dalam sebuah website. Fasilitas yang umumnya terdapat dalam CMS sangat banyak, terutama yang berkaitan dengan publikasi isi website, pengaturan halaman, pengubahan isi, pencarian dan lain-lain. Sebuah CMS, dapat berbentuk program yang sederhana, atau dapat juga merupakan suatu program kompleks yang terdiri dari berbagai modul-modul sesuai dengan fasilitas yang terdapat didalamnya.

Mengapa perlu CMS ?

Karena para pengelola atau pemilik website yang tidak mahir dalam menggunakan kode HTML dapat melakukan pembuatan, pengubahan dan publikasi content terhadap website-nya sendiri.
CMS menyediakan framework manajemen proses yang dibutuhkan dalam pengembangan website yang menghendaki pengelolaan yang sering / dalam frekuensi yang tinggi.

Keuntungan CMS

•Konsistensi design website dapat dijaga
•Content yang dikehendaki dapat dipublikasikan tanpa pengeditan oleh orang lain
•Menghemat biaya untuk mempekerjakan web specialist
•Notifikasi otomatis kepada pemilik website jika ada content yang sudah kadaluarsa
•Memungkinkan kerjasama yang baik antar pengelola suatu website.
•Mengurangi kompleksitas dalam pengelolaan informasi ke website.

Fasilitas Dasar CMS

1. Content Authoring, Editing and Management
2. Workflow, Collaboration, and Security
3. Publishing
4. Standards Support
5. Technical specifications

Kolaborasi di CMS

1. Department/Division Project Manager
o Bertanggung jawab terhadap website, pemimpin projek, kontak personal terhadap projek, membuat jadwal pengerjaan dll
2. Content Specialist
o Membuat/mengedit content, reporter, interviewer, dll.
3. Technical Lead/Web Developer
o CMS Administrator
• Bertanggung jawab dalam install dan konfigurasi CMS (termasuk module), patch/update, membuat account pengguna CMS dan hak-hak nya, memantau performance server dan CMS.
o Database Administrator
• Mengelola dan membuat account pengguna database, backup data, memantau performace server.
o Web Developer / Designer
• Mengelola scripting program CMS, menambah module, membuat design template baru.
dan CMS Web Design telah mempublish beberapa CMS terpopuler pada posting sebelumnya. diantaranya WordPress, Joomla, Drupal, Magento dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing CMS.


10 CMS Terbaik 2013

CMS atau Content Management System yang dalam pengertian saya adalah suatu website yang sudah jadi yang bisa anda tambah, ubah, ataupun hapus kontennya tanpa harus menyentuh penkodean pada filenya secara langsung. Jumlah CMS di dunia mungkin saja ratusan. Berikut ini adalah daftar 10 CMS terbaik yang paling diminati di seluruh dunia.

1.WordPress 
Siapa yang tak mengenal wordpress? CMS yang satu ini sangat populer di seluruh dunia. karena popularitasnya dan memiliki komunitas yang sangat besar, pengembangan CMS ini sangat pesat. dan saat ini anda dapat menggunakan WordPress untuk mengelola konten website yang kompleks.

2.Silverstripe CMS
Adalah CMS yang memiliki fitur yang sangat lengkap dan dan mampu melakukan apa saja yang kita mau, silverstipe di bangun dengan PHP dengan kerangka shapire, sehingga bisa di sesuaikan sesuai kebutuhan. Silverstive juga menyediakan control secara penuh terhadap pembuatan halaman HTML, desain, basisdata, form, dll.

3.Drupal CMS
Drupal CMS adalah sebuah CMS yang peminatnya sangat banyak, CMS ini sangat simpel tapi terkenal dengan ketahanan dan securitynya yang sangat kuat, Desain drupal emang tidak sebagus jomla, tapi sangat mudah untuk di customaize, drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool, search engine frindly URL, dan agregator berita. 

4.MODx CMS
MODx adalah CMS dan web aplikasi PHP framework, MODx menekankan pada web standar, yang memungkinkan anda untuk membangun xhtml, dengan mudah dan cepat. dengan adanya fasilitas CSS menu builder, CMS ini cocok untuk pengguna yang belum memiliki pengalaman, MODx datang dengan antarmuka pengguna grafis installer sehingga anda dapat dengan mudah melakukan instalisasi dan konfigurasi pada webserver.

5.Joomla
Joomla adalah salah satu CMS terbaik dan yang sangat banyak digunakan saat ini, sangat cocok untuk membuat website perusahaan atau internet, majalah online, forum, dll. Joomla memiliki banyak fitur serta banyak pilihan modul dan komponen tambahan yang akan meningkatkan kualitas website anda dan akan meningkatkan kepuasan pengunjung website.

6.Radiant CMS
Radian CMS ini kalo di indonesia sangat minim penggunaannya, tapi kalo di luar negri sangat banyak peminatnya, karena sistem interfacenya sangat mudah untuk di pahami, radian CMS juga sudah menggunakan editor WYSIWYG ( what you see is what you get) yang bisa memudahkan kita menulis artikel dengan tambahan tool-tool editor.

7.Texpattern
Texpattern adalah salah satu CMS yang sangat cepat loadingnya tapi Texpattern ini tidak memiliki editor WYSIWYG yang lengkap. CMS ini cukup mudah untuk mengedit konten termasuk pemula. 

8.CMS Made Simple
CMS Made Simple adalah CMS yang sangat simpel yang pernah ada. karena tidak perlu banyak waktu untuk mempelajarinya. tamplet CMS Made simlpe hanya bisa di buat dengan kode css, hampir sama dengan tamplet yang di gunakan dengan blogspot. made simple memakai XHTML dan CSS yang bersih dan cepat loading sehingga banyak orang yang menyukai CMS ini.

9.Expression Engine
Expression Engine ini adalah salah satu CMS yang bisa di bilang cukup kuat dalam hal keamanan dan securitynya. EE ini juga memiliki banyak sekali dukungan untuk setiap fungsi yang kita butuhkan, baik yang ada di dalam paket inti maupun melalui modul atau pulgin. sayangnya EE ini adalah CMS premium alias perbayar.ada juga versi core gratis tapi hanya untuk situs non komersil.

10.Aura CMS
Aura CMS adalah CMS terbaik buatan anak Indonesia, kita harus bangga karena Indonesia juga bisa menciptakan yang hampir setara dengan produk luar. Tapi bisa dibilang masih banyak kekurangannya, semoga saja banyak developer dan pengembang yang selalu mengupdatenya sehingga bisa jadi lebih sempurna.

Aura CMS pertama kali dikembangkan pada tahun 2003, kini Aura CMS telah memiliki versi terbaru yaitu versi 2.30.

Daftar CMS di atas adalah gambaran CMS terbaik di dunia, karena tergantung setiap individu yang mana menurutnya terbaik sesuai dengan kubutuhan dan keahliannya masing-masing.


Sumber : http://blog.balimechanicweb.net
              http://zulfataa.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini